ict edukasi sdmuhcc Teknologi ICT

Kebijakan Nasional Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan


Tak bisa dipungkiri, dalam jangka waktu yang relatif singkat, teknologi informasi dan komunikasi khususnya teknologi komputer multimedia, Internet dan Web berkembang dengan sangat pesat. Pengguna Internet dan web di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Berdasarkan data perkiraan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) sampai dengan akhir tahun 2005 pengguna internet indonesia mencapai 16 juta pengguna, naik hampir 50 % dibandingkan dengan data pengguna internet tahun 2004 yang mencapai 11 juta pengguna. Perkembangan Teknologi Pendukung media-media pembelajaran juga berkembang dengan sangat pesat seiring dengan inovasi dan perkembangan dunia teknologi yang berkembang pesat. Hal ini dikarenakan secara nyata teknologi informasi mampu mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Industri, biro perjalanan, rumah sakit, perbankan, pendidikan dan pemerintahan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, pengguna di mungkinkan untuk saling berkomunikasi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Dalam kebijakan nasional, Teknologi Informasi (TI) menjadi kunci dalam dua (2) hal yaitu effisiensi proses dan memenangkan kompetisi; demikian juga dengan lembaga pendidikan (sekolah). Tanggung jawab sekolah dalam memasuki era globalisasi baru ini yaitu harus menyiapkan siswa untuk menghadapi semua tantangan yang berubah sangat cepat dalam masyarakat kita. Sehingga sekolah dituntut untuk mampu menghasilkan SDM-SDM unggul yang mampu bersaing dalam kompetisi global ini. Peningkatan kualitas dan kemampuan siswa dapat dilakukan dengan mudah salah satunya dengan memanfaatkan internet serta dengan memaksimalkan media pembelajaran berbasis IT dan Multimedia.

Membangun media pembelajaran serta informasi komunikasi sekolah yang bernuansa IT ini merupakan langkah awal bagi sekolah untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas siswa dalam menangkap pembelajaran melalui pendidikan di sekolah. Secara umum dengan adanya Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Multimedia yang memadai dapat meningkatkan kemampuan daya tangkap anak dalam menerima pelajaran, menambah kreativitas dan inovasi karya melalui media-media pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>